SMK NEGERI 1 NGULING

Jl. Dr. Soetomo No. 69

BERTABUR BINTANG

MEMPERINGATI HARI PAHLAWAN 2018

Kamis, 15 November 2018 ~ Oleh ULFIATUN HASANAH ~ Dilihat 147 Kali

MEMPERINGATI HARI PAHLAWAN

Gambar 1.1 : Pelaksanaan upacara

 

            Tanggal 10 November merupakan hari bersejarah bagi kita semua, yaitu HARI PAHLAWAN. Untuk memperingati hari pahlawan siswa-siswi SMKN 1 Nguling mendapatkan memori yang berharga.

            Pertama, mereka mengadakan upacara. Upacara ini bertujuan membangun rasa kebangsaan dan nasioanlisme siswa-siswi. Pada saat upacara siswa-siswi belajar untuk tertib berbaris, menghargai orang lain, khidmat mendengarkan pesan dari Pembina Upacara yaitu Ibu Ririn Handayani S,Sos, serta memperhatikan teman-teman yang menjadi petugas upacara yaitu anggota dari Paskibra SMKING. Siswa-siswi juga belajar menghargai karya orang lain dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan lagu wajib lainnya dengan benar dan tidak main-main

Pesan Pembina Upacara kali ini seputar hari Pahlawan. Bu Ririn menyampaikan pesan dari Menteri Pendidikan seputar kepahlawan. Beliau juga bercerita bagaimana dahulu para pejuang bersusah payah untuk bisa mengibarkan bendera hingga harus mengorbankan nyawa. Bagaimana pejuang bersemangat menyanyikan lagu Indonesia Raya agar Negara ini merdeka.

Gambar 1.2 : Pembina saat membaca pesan dari MenDikNas

 

            Kedua, setelah melaksanakan upacara bendera dilanjutkan dengan penampilan yang spektakuler dari Pasukan Srikandi 87 (Paskibra Perempuan SMKING) dan Tim Tari SMKING. Pasukan Srikandi 87 mempersembahkan yel-yel nya yang begitu elegan. Sedangkan tim tari membawakan tarian INDONESIA PUSAKA dengan penuh keunikan dan keindahan. Meskipun panas menghadang mereka semua  tetap melakukan nya dengan penuh totalitas.

 

Gambar 1.3 : Penampilan Pasukan Srikandi 87

 

Gambar 1.4 : Penampilan Tim Tari

 

Ketiga, Acara dilanjutkan dengan kuis pengetahuan sederhana seputar kepahlawanan yang dipimpin langsung oleh Bapak Leopold M Siagian, S.Pd. Disitulah tingkat pengetahuan tentang sejarah kepahlawan kita di uji. Pertanyaan demi pertanyaan mulai dilontarkan oleh Pak Leo sambil memegang hadiah berupa sejumlah uang. Sorak keramaian mulai terdengar dari segala penjuru lapangan. Semua siswa berlomba-lomba maju kedepan untuk menjawab pertanyaan yang diberikan pak leo. Dan akhirnya, kuis ini berhasil ditaklukkan oleh beberapa siswa yang mampu menjawab pertanyaan nya dengan benar.

Gambar 1.5 : Saat kuis pengetahuan

 

Meskipun acaraya begitu sederhana, tetapi memori dan pelajaran yang kita dapat begitu berharga. Semoga ditahun depan akan dilaksanakan acara seperti ini dan mungkin akan lebih keren dari yang sekarang. Sebab Bung Karno pernah berkata “BANGSA YANG BESAR ADALAH BANGSA YANG MENNGHARGAI JASA PARA PAHLAWANNYA”.

Demikian artikel dari saya, semoga bermanfaat :-).

By ULFIATUN HASANAH

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT
...

Bambang Setyono Widodo, S.Pd.

Perkembangan teknologi informasi saat ini membawa pengaruh besar bagi perkembangan dunia. Berita yang terjadi di belahan bumi ini dapat dengan…

Selengkapnya

KATEGORI