SMK NEGERI 1 NGULING

Jl. Dr. Soetomo No. 69

BERTABUR BINTANG

KEGIATAN LDKS OSIS DAN KEMAH ADIWIYATA DI LINGKUNGAN SMKN 1 NGULING

Sabtu, 17 November 2018 ~ Oleh ULFIATUN HASANAH ~ Dilihat 41 Kali

KEGIATAN LDKS OSIS DAN KEMAH ADIWIYATA DI LINGKUNGAN SMKN 1 NGULING

Sabtu, tanggal 20 Oktober 2018 menjadi awal dibukanya pelatihan “Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa dan Kemah ” yang diadakan oleh SMKN 1 Nguling kepada anggota OSIS dan KPLH terpilih. Karena LDKS ini merupakan syarat utama ke-2 untuk menjadi anggota OSIS dan KPLH sebelum dilantik. Acara ini juga bertujuan untuk membangun karakter kedisiplinan, kepemimpinan, dan kekompakan OSIS dan KPLH masa bakti 2018/2019.

Acara dimulai pada pukul 12.00 WIB, OSIS dan KPLH dibariskan di tengah lapangan untuk melaksanakan apel. Dengan jumlah peserta OSIS sebanyak 40 anak dan KPLH sebanyak 16 anak. Apel ini bertujuan sebagai ajang pembukaan secara resmi serta penyematan tanda peserta LDKS dan Kemah Adiwiyata oleh kepala sekolah SMKN 1 Nguling yaitu Bapak H.Bambang Setyo Widodo S.Pd.

Gambar 1.1 : Saat apel pembukaan

Gambar 1.2 : Penyematan tanda peserta oleh kepala sekolah

 

Setelah apel, peserta di bina dan di bimbing oleh OSIS dan KPLH masa bakti 2017/2018 untuk membentuk dinamika kelompok dilanjutkan dengan Ishoma.

Gambar 1.3: Istirahat dan makan bersama

 

Tepat jam 13.30 WIB seluruh peserta mulai memasuki ruangan nya masing-masing untuk menerima materi. Untuk anggota OSIS berada diruang 9 bersama Bapak Sutirto, ST yang memberikan materi tentang dasar berorganisasi OSIS. Sedangkan anggota KPLH berada di ruang 8 bersama Ibu Yuniar Safitri, S.Tp yang memberikan materi tentang dasar berorganisasi KPLH.

Gambar 1.4 : Materi organisasi OSIS

 

Gambar 1.5 : Materi Organisasi KPLH

 

Setelah selesai, seluruh peserta di arahkan ke aula untuk menerima materi selanjutnya yaitu materi tentang Dasar Kepemimpinan yang di sampaikan langsung oleh Bapak Kholil, S.Pd. Materi demi materi tersampaikan dengan baik. Seluruh peserta mendengarkan dengan seksama. Tak hanya mendengarkan saja, peserta juga aktif bertanya pada saat sesi pertanyaan.

Gambar 1.6 : Materi Dasar Kepemimpinan

 

Pada saat jam 15.00 WIB seluruh peserta bergegas ke musholla untuk melaksanakan ibadah sholat asar. Kemudian di lanjutkan dengan penerimaan materi yaitu Materi tentang Nasionalisme yang disampaikan oleh Bapak Yuli Eko Cahyono, S.Pd.

Gambar 1.7 : Materi nasionalisme

 

Meskipun hari semakin sore, tetapi semangat seluruh peserta masih fresh seperti layaknya di pagi hari. Tak terdengar sedikit keluh kesah dari mereka dan tak terlihat sedikitpun perasaan capek dari wajah mereka. Mereka begitu menikmati acara ini dengan penuh suka ria. Meskipun sepanjang acara hanya penerimaan materi tetapi suasana di dalam ruangan tidak pernah sunyi. Selalu saja ada candaan yang membuat mereka bercanda ria.

Gambar 1.8 : Apel sore

 

Hari semakin sore, tepat jam 17.00 WIB seluruh peserta berbaris kembali di lapangan untuk mengikuti apel sore sebagai pertanda berakhir nya kegiatan hari itu. Eiiits, tapi tunggu dulu masih ada kegiatan di hari berikutnya yang pastinya akan lebih berkesan.

Demikian artikel dari saya, ditunggu kelanjutan dari artikel ini. Semoga hari-harimu menyenangkan.

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT
...

Bambang Setyono Widodo, S.Pd.

Perkembangan teknologi informasi saat ini membawa pengaruh besar bagi perkembangan dunia. Berita yang terjadi di belahan bumi ini dapat dengan…

Selengkapnya

KATEGORI